Selasa, 04 November 2014

Sejarah Minuman Bubble Drink

Bila anda mengunjungi Taiwan atau Hong Kong, maka mata anda akan tertumbuk pada banyaknya toko penjual minuman Bubble yang terletak hampir disetiap sudut jalan ramai. Minuman Bubble untuk warga Taiwan dapat disamakan dengan minuman kopi untuk orang Amerika atau minuman teh untuk orang Inggris.
Hampir menyamai Taiwan, toko toko penjual minuman Bubble kian menjamur diseluruh penjuru dunia. Salah satu perusahaan di Taiwan mempunyai lebih dari 450 outlet , sementara di Philipina ada orang lain yang memiliki sendiri lebih dari 100 outlet dalam waktu 1 ½ tahun !

Di Amerika saat Ini juga merasakan pertumbuhan yang luar biasa akan Outlet Outlet baru penjual minuman Bubble. Ratusan lokasi penjual minuman bubble bermunculan disegala shopping mall dan tempat keramaian lainnya.

Demikian pula di INDONESIA, minuman ini sudah mulai digemari dan menjadi Trend  minuman bergengsi gaya baru ! Puluhan Outlet dapat anda saksikan mulai bermunculan di Mall- Mall serta tempat strategis lainnya.

Mungkin anda merasa heran !! , Apa sih minuman Bubble itu, dan bagaimana bisa muncul serta digemari begitu banyak orang dari segala lapisan ???

Minuman Bubble berasal dari Taiwan yang pada tahun 80 an mulai dijual pada sebuah toko penjual minuman teh. Kebetulan toko tersebut terletak persis didepan sebuah sekolah, sehingga murid murid  selalu berebutan membeli setelah seharian lelah belajar dan bermain.  Pada suatu kesempatan, pemilik toko tersebut menambahkan beberapa macam rasa buah buahan pada teh yang dijualnya. Karena minuman teh nya  yang manis dan mengasyikan tersebut, semakin banyak orang yang ketagihan membelinya. 

Pada saat teh dicampurkan dengan sirup perasa (flavoring), maka perlu dikocok beberapa kali, sehingga terbentuklah gelembung gelembung udara pada permukaan minuman tersebut, karena hal inilah kemudian minuman tersebut dikenal sebagai BUBBLE TEA.

Pada tahun 1983, Liu Han Chieh, memperkenalkan Taiwan pada SAGU MUTIARA (Tapioca Pearl). Yang kemudian banyak digunakan sebagai bahan tambahan pada toko  penjual BUBBLE TEA. Didalam minuman teh,  Pearl  akan tengelam ke dasar gelas, dan terlihat sebagai gelembung gelembung hitam yang menarik, sehingga orang menyebutnya sebagai BUBBLE DRINK.
BUBBLE DRINK biasanya disajikan dingin, meyegarkan, dengan tumpukan pearls yang mengendap pada dasar gelas plastik transparan. Kadang kadang bahan dasar minumannya dibuat dari jus buah segar, teh, susu,  campuran es krim, ataupun campuran syrup tertentu untuk menambah variasi rasa. Hal ini bergantung pada kreatifitas penjual nya.

Tapioca pearl / Sagu mutiara yang digunakan pada minuman ini pada umumnya berwarna hitam, tetapi kini dapat dijumpai pula yang berwarna warni. Kekenyalan Tapioca Pearl harus pas, tidak terlalu keras, dan juga tidak terlalu lembek yang bisa menggangu bila menempel di gigi.

Hal lain yang menarik dari minuman Bubble ini adalah Sedotan Besar yang digunakan untuk menghisap Pearl dari dasar gelas !  Inilah yang membedakan Bubble drink dari minuman lain, anda  bisa minum sambil mengunyah makanan !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar